RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMK Negeri 1 Simpang ulim
Mata
Pelajaran : Produktif TKJ
Standar
Kompetensi : Merakit Personal Komputer
Kelas /
Semester : I/II
Pertemua
ke - : 1 s/d 5
Alokasi
Waktu : 6 X 45 Menit
Kompetensi : Mengistalasi PC dan Periferal
Sub Kompetensi :
Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
PC
Indikator : - Mengetahui daftar kebutuhan dan spesifikasi komputer yang
tersedia.
- Buku
manual dan petunjuk pengoperasian
I . Tujuan Pembelajaran :
- Peserta diklat mampu menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
- Peserta diklat mampu menjelaskan jenis-jenis, spesifikasi, dan perkembangannya dari piranti input, proses, dan output.
- Peserta diklat mampu membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
II . Materi Pembelajaran : Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi hardware
1.
Struktur dan Fungsi Komputer meliputi;
a.
unit
input device
·
keyboard
·
mouse
·
scanner
b.
unit
proses device
·
cpu
(central processing unit) - ALU
·
memori
c.
unit
output device
·
printer
·
monitor
·
plotter
III. Metode Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
1.
Salam
pembuka.
2.
Memberikan pertanyaan seputar peralatan komputer yang
pernah digunakan
B.
Kegiatan
Inti :
1.
Siswa
memilih peralatan/ komponen PC secara teliti.
2.
Siswa menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi
masing-masing
3.
Siswa menjelaskan jenis-jenis piranti input
dan output serta spesifikasi dan perkembangannya Menjelaskan jenis-jenis
piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
4.
Siswa membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
5.
Siswa menjelaskan fungsi
Pheriferal yang sudah terintegrasi pada sebuah PC
C.
Kegiatan
akhir :
1.
Siswa
membuat daftar perencanaan kebutuhan dan spesifikasi PC
2.
Guru memberikan penguatan kembali tentang fungsi
peripheral yang sudah terintregrasi pada PC
3.
Guru
memberikan penilaian
V . Alat / Bahan
/ Sumber Belajar:
Buku Konsep hardware PC,
Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU, Keyboard, Mouse dan Pheripheral PC
VI.
Penilaian
:
Uji
Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi
Kognitif
2. Uji Pengetahuan
Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan
Ganda
2. Soal-soal Essai
Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
|
Tugas 1
1)
Gambarkan urutan
kaki komponen prosessor dan RAM.
2)
Ambil sebuah
motherboard PC, sebutkan nama dan fungsi dari jumper, soket, chip, dan slot
yang ada dalam motherboard.
Simpang Ulim,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Pengampu
Antoni Samad, S.T Faisal,
S.T
Nip. 19721012200801 1 001 Nip.
19800607 200904 1 004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama SMK : SMK Negeri 1 Simpang ulim
Mata
Pelajaran : Produktif TKJ
Standar
Kompetensi : Merakit Personal Komputer
Kelas /
Semester : I/I
Pertemua
ke - : 6,7,8,9,10
Alokasi
Waktu : 30 X 45 Menit
Kompetensi : Mengistalasi PC dan Periferal
Sub Kompetensi :
Menginstalasi Komponen PC
Indikator :
- Perangkat
PC dirakit dengan Prosedur / SOP perakitan disiapkan
-
Peralatan
instalasi (tools kit) disiapkan
-
Perangkat yang ingin diinstalasi diuji sesuai dengan
manual tiap-tiap komponen
-
Perangkat PC dirakit menggunakan prosedur, cara/metode
dan peralatan yang sudah ditentukan
I . Tujuan Pembelajaran :
1.
Peserta diklat
mampu menginstalasi komponen PC dengan baik dan aman.
2.
Peserta diklat
mampu mengetahui tindakan yang membahayakan dalam pemasangan komponen PC.
II . Materi Pembelajaran
: Menginstalasi Komponen PC
1.
Peralatan
yang dibutuhkan sudah tersedia, Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai
berikut :
·
Obeng,
·
Tang,
·
AVO
meter (bila ada),
·
Solder,
·
Timah
solder,
·
Isolasi,
·
Tali pengikat kabel dan buki catatan.
2.
Langkah-langkah merakit komputer personal sebagai
berikut;
·
Ambil motherboard dan letakkan di tempat yang aman.
·
Pasanglah processor pada tempatnya (soket-nya)
·
Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik
·
Masukan
motherboard ke dalam cashing
·
Pasanglah
kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada prower suply (biasanya
dituliskan P8 dan P9)
·
Pasanglah
hard disk, floppy drive
·
Sambungkan
kabel dari power suply ke slot power yang terdapat di hard disk, flopy drive
dan CD ROM drive Sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hard disk,
flopy drive
·
dan CD ROM drive.
·
Sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy
drive,
·
Pasanglah VGA card pada slotnya,
·
Pasang expansion card tambahan pada PCI maupun ISA.
·
Hubungkan
konektor kabel ke PANEL
·
Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat
di cardVGA
·
Pasangkan
konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di motherboard.
·
Pasangkan kabel listrik (power) dari layar monitor ke
slot power
III. Metode
Pembelajaran: Informasi, Praketek, tutorial, kerja kelompok, diskusi
D. Kegiatan Awal :
1. Salam pembuka.
2. Memilih peralatan/
komponen pc secara teliti
E.
Kegiatan
Inti :
1.
Siswa melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3)
dalam pengoperasian peralatan
2.
Siswa memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam
menerapkan prosedur perakitan PC
3.
Menjelaskan
prosedur baku
perakitan
4.
Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan
tiap-tiap komponen PC
5.
Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
6.
Menginstalasi
komponen PC
F.
Kegiatan
akhir :
1.
Siswa menyiapkan peralatan untuk merakit PC
2.
Guru memberikan penguatan tentang instalasi PC
3.
Guru memberikan penilaian atas instalasi PC
V . Alat / Bahan / Sumber
Belajar:
Buku Konsep hardware PC,
Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU, Keyboard, Mouse dan Pheripheral PC
VII.
Penilaian
:
Uji
Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi
Kognitif
2. Uji Pengetahuan
Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan
Ganda
2. Soal-soal Essai
Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
|
Tugas 1
1)
Bagaimana cara mengatahui urutan kabel
pita pada floppy maupun hard disk?
2)
Bagaimana cara memasang
prosesor pada motherboard.
Simpang Ulim,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Pengampu
Antoni Samad, S.T Faisal,
S.T
Nip. 19721012200801 1 001 Nip.
19800607 200904 1 004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama SMK : SMK Negeri 1 Simpang ulim
Mata
Pelajaran : Produktif TKJ
Standar
Kompetensi : Merakit Personal Komputer
Kelas /
Semester : I/I
Pertemua
ke - : 7,8,9
Alokasi
Waktu : 18 X 45 Menit
Kompetensi : Mengistalasi PC dan Periferal
Sub Kompetensi : Mengatur Komponen PC menggunakan
Software
(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui
software)
(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui
software)
Indikator :
Komponen PC (seperti VGA dan Sound Card On
Board) diatur menggunakan software, baik yang merupakan software bawaan ataupun
melalui BIOS, sesuai dengan buku manual tiap-tiap komponen
I . Tujuan Pembelajaran :
1.
Peserta diklat mampu mengenal BIOS dalam setiap PC.
2.
Peserta diklat mampu mengoperasikan BIOS untuk
mengaktifkan dan menonaktifkan PC.
II . Materi Pembelajaran
:
Mengatur Komponen PC menggunakan Software (melalui setup BIOS dan aktifasi
komponen melalui software)
Berikut
komponen yang dapat di set melalui BIOS:
- Hard disk
- CD-ROM
- Floppy disk
- RAM
- Processor
- LAN onboard
- Souncard onboard
- VGA onboard
Pada AWARD BIOS terdapat
beberapa menu pokok yaitu:
- MAIN
- ADVANCED
- POWER
- BOOT
- EXIT
III. Metode Pembelajaran: Informasi, Praktek,
tutorial, kerja kelompok, diskusi
G. Kegiatan Awal :
1.
Salam
pembuka.
2.
Mengikuti
prosedur dalam pengaturan BIOS
3.
Mengidentifikasi komponen PC yang membutuhkan aktivasi melalui
BIOS
H.
Kegiatan
Inti :
1.
Siswa
mengikuti prosedur dalam pengaturan BIOS
2.
Siswa
mengidentifikasi komponen PC yang
membutuhkan aktivasi melalui BIOS
3.
Siswa
melakukan setting BIOS pada berbagai jenis PC
I.
Kegiatan
akhir :
1.
Siswa Melakukan setting BIOS pada berebagai jenis PC dan
berbagai jenis merk BIOS
2.
Guru memberikan penguatan tentang setting BIOS dalam
berbagai merk
3.
Guru memberikan menilai atas setting BIOS dalam berbagai
macam merk
V . Alat / Bahan / Sumber
Belajar:
Personal Computer, Konsep
hardware PC, Katalog Pheriferal PC, Pheriferal PC, Manual Pheriferal PC
VIII.
Penilaian
:
Uji
Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi
Kognitif
2. Uji Pengetahuan
Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan
Ganda
2. Soal-soal Essai
Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
|
a. Tugas 3
1)
Amatilah seting BIOS pada suatu PC,
kemudian catatlah.
2)
Setinglah BIOS pada PC tersebut sesuai
dengan komponen dan pheriperal yang terpasang.
b. Tes Formatif 3
3)
Apa beda mode auto dan manual pada
setting BIOS?
4)
Bagaimana
cara menyeting BIOS, supaya PC dapat bekerja dengan optimal.
Simpang Ulim,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Pengampu
Antoni Samad, S.T Faisal,
S.T
Nip. 19721012200801 1 001 Nip.
19800607 200904 1 004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama SMK : SMK Negeri 1 Simpang ulim
Mata
Pelajaran : Produktif TKJ
Standar
Kompetensi : Merakit Personal Komputer
Kelas /
Semester : I/I
Pertemua
ke - : 10,11,12,13,14
Alokasi
Waktu : 18 X 45 Menit
Kompetensi : Mengistalasi PC dan Periferal
1.
Sub Kompetensi : Menyambung / memasang periferal (secara
fisik)
dan setting periferal menggunakan software
dan setting periferal menggunakan software
Indikator :
· Periferal
dipasang / disambung sesuai dengan SOP dan
· Periferal
disetting dengan software spesifik sesuai dengan buku mlanual
I . Tujuan Pembelajaran :
1.
Peserta
diklat mampu menjelaskan peralatan yang dibutuhkan dalam menyambung/memasang
peripheral.
2.
Peserta
diklat mampu menjelaskan prosedur pemasangan/ penyambungan peripheral dengan
baik dan benar.
3.
Peserta diklat mampu menjelaskan setting peripheral
menggunakan software.
II . Materi
Pembelajaran :
Menyambung / memasang
periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan software
Peripheral komputer merupakan
peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan–keperluan lain.
Peripheral tersebut antara lain;
1)
Printer
2)
Scanner
3)
Modem
4)
Network
Card
Instalasi peripheral meliputi
instalasi secara fisik dan instalasi secara
software.
- Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan
- Instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.
III. Metode Pembelajaran: Ceramah, prektek,
tutorial, kerja kelompok
A.
Kegiatan
Awal :
1.
Salam
pembuka.
2.
Mengikuti
prosedur pemasangan periferal pada PC
3.
Menguraikan
jenis dan fungsi periferal yang digunakan pada PC
B.
Kegiatan
Inti :
1.
Siswa
memasang periferal pada PC dan mensetting periferal pada PC
2.
Siswa
menjelaskan jenis dan fungsi periferal standar
3.
Siswa
menjelaskan jenis dan fungsi perangkat identifikasi dan modem
Siswa mendiskusikan jenis,
fungsi, dan prinsip kerja macam-macam perangkat penyimpanan
C.
Kegiatan
akhir :
·
Siswa
mensetting/memasang periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan
software
·
Guru
memberikan penegasan setting periferal pada PC
· Guru
memberikan penilaian periferal yang dipasang pada PC
V . Alat / Bahan / Sumber
Belajar:
·
Personal
Computer,
·
Buku
Konsep hardware PC
·
Katalog Pheriferal PC
·
Pheriferal
PC
·
Manual Pheriferal PC
·
Toolkit
VI.
Penilaian
:
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi
Kognitif
2. Uji Pengetahuan
Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan
Ganda
2. Soal-soal Essai
Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
|
a. Tugas 3
1)
Amatilah sebuah PC, sebutkan jenis
peripheral apa saja yang terpasang !
2)
Berkunjunglah ke
toko komputer atau pameran komputer, amati, tanyakan, dan catatlah berbagai
jenis peripheral yang ada serta apa fungsi dari setiap peripheral itu.
b. Tes Formatif 3
1)
Apa fungsi program driver pada
peripheral ?
2)
Bagaimana cara memasang dan
menginstalasi modem pada PC.
3)
Jika suatu printer
terpasang pada PC tetapi program drivernya tidak terinstalasi. Apakah printer
tersebut sudah dapat dipakai ? Mengapa?
Simpang Ulim,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Pengampu
Antoni Samad, S.T Faisal,
S.T
Nip. 19721012200801 1 001 Nip.
19800607 200904 1 004
No comments:
Post a Comment