Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang
dimasukkan kedalam UN (Ujian Nasional), oleh karena itu pelajaran ini
perlu diajarkan sejak dini. Menurut sebagian besar siswa, pelajaran
bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Namun
tiak semua siswa sependapat seperti yang diatas. Ada sebagian siswa yang
tidak suka dengan pelajaran ini, hal ini dapat dipengaruhi oleh
beberapa faktor, seperti : guru yang tidak menyenangkan, kurangnya minat
dari siswa itu sendiri, dan pembelajaran bahasa Indonesia sangat
membosankan.
Agar dapat menarik dalam pembelajaran, maka diperlukan guru yang
kreatif, inovatif, dan menyenangkan untuk menarik perhatian dan minat
siswa. Guru yang kreatif adalah guru yang dapat memmenyiptakan berbagai
ragam kegiatan pembelajaran dan dapat menemukan suatu yang baru. Dalam
proses pembelajaran, guru yang kreatif ini dapat merangsang siswa karena
dalam mengajar, guru menggunakan cara-cara yang unik dan baru.
Pembelajaran terasa segar. Guru kreatif mampu menemukan dan menghasilkan
berbagai cara, strategi, dan karya yang bermanfaat untuk keperluan
pendidikan.
Selain kreatif, guru juga harus inovatif yaitu guru dapat menciptakan
kondisi belajar dalam kegiatan pembelajaran yang baru sesuai dengan
tuntutan perkembangan pendidikan. Seorang guru harus mau belajat dan
terus belajar untuk mengikuti perkembangan yang ada. Karena pada saat
ini dalam mengajar siswa diiringi dengan tekhnologi yang canggih dan
modern, seperti penggunaan LCD dalam mengajar. Maka guru harus
membiasakan diri belajar setiap waktu, karena belajar itu berlaku seumur
hidup.
Usaha guru memberi motivasi dan mempertahankan perhatian siswa
terhadap pembelajaran adalah dengan cara atau metode pembelajaran yang
menyenangkan. Penggunaan metode pembelajaran harus bervariatif agar
tidak mudah bosan. Guru perlu memanfaatkan berbagai metode pembelajaran
yang dapat membangkitkan minat, perhatian dan kreativitas siswa. Salah
satu metode yang dapat digunakan adalah melalui permainan bahasa.
Berikut adalah 7 permainan bahasa yang menggugah gairah belajar siswa.
1. Pesan Berantai
Guru membuat sebua kalimat yang akan dibisikkan ke suswa pertama
dengan masimal 2 kali pengulangan. Sisiwa pertama harus membisikkan
kalimat yang serupa kepada siswa berikutnya hingga pesan sampai ke siswa
yang t erakhir. Siswa yang terakhir ini harus melaporkan pesan yang ia
terima kepada semua siswa, apakah pesan yang ia terima sesuai dengan
pesan yang pertama.
2. Mengarang gotong royong
Permainan ini bertujuan untuk membuat sebuah karangan, tetapi
karangan ini dibuat bersamaan. Caranya yaitu salah seorang siswa membuat
sebuah kalimat di papan tulis, kemudian dilanjutkan membuat kalimat
yang kedua yang berkesinambungan oleh siswa berikutnya sampai semua
siswa menyumbangkan sebuah kalimat.
3. Cerita berantai
Cerita berantai ini hampir sama dengan mengarang gotong royong. Salah
satu siswa bercerita yang kemudian dilanjutkan oleh siswa berikutnya
dan sampai semua mendapat giliran untuk melanjutkan cerita.
4.Tebak Gambar
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok
mengutus satu orang yang bertugas untuk menggambar. Sedangkan teman yang
lainya bertugas untuk menebak gambar. Soal gambar ditentukan oleh group
lawan, dapat berupa peribahasa, judul lagu dan lain-lain.
5. Drama
Siswa dilatih untuk bermain peran. Semua siswa harus mendapatkan
bagian peran. Kegiatan ini dapat mengembangkan bakat yang dimiliki
siswa.
6. Cerdas Cermat
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Guru bertindak sebagian
pemberi soal sekaligus juri. Guru akan melontarkan pertanyaan yang
bersumber dari buku, kemudian para peserta saling berebut untuk
menjawab. Dapat pula pertanyaan diberikan secara bergilir kepada tiap
peser ta. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan akan mendapatkan
poin. Kegiatan ini dapat mengukur keberhasilan atau pengtahuan yang
dimiliki siswa.
7. Siap melaksanakan perintah
Guru mengucapkan suatu perintah yang harus dilakukan oleh siswa.
Apabila ada siswa yang tidakmengikuti atau perintah maka dapat diberi
hukuman sesuai dengan permintaan temannya.
No comments:
Post a Comment